Selayang Pandang Bhineka Tunggal Ika Untuk Persatuan


Erwin Yuda Pranata

Sejak negeri ini merdeka atau selama 71 tahun berlalu dan terus berlanjut hari demi hari, menunjukkan bahwa Indonesia mampu mempertahankan eksistensinya sebagai sebuah negara dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan yang bermakna bahwa meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetaplah suatu kesatuan.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan sebuah penggambaran bahwa persatuan dan kesatuan bangsa yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan menjadi satu kesatuan yang utuh di Republik Indonesia.

Kesatuan dan persatuan yang telah menaun terbentuk, ialah bukti bahwa perbedaan dapat disatukan dan hidup berdampingan di dalam kehidupan bermasyarakat, bebangsa dan bernegara. Nilai-nilai kesatuan bahkan telah ditunjukkan jauh sebelum diproklamirkannya kemerdekaan Republik Indonesia. Komitmen menjadi satu kesatuan tercatat dalam sejarah, yaitu Sumpah Pemuda, pada 28 Oktober 1928 yang kini telah menghasilkan buah manis yang kita nikmati, yakni pembebasan atas penjajahan dan perbudakan.

Iklan