Mengenal Dekorasi Perkawinan


Dekorasi adalah pekerjaan seni, untuk melakukan ini seorang tahu, paham mengerti bagaimana dekorasi yang baik terlebih untuk pekerjaan dekorasi perkawinan yang didalamnya terdapat fungsi benda pakai tidak hanya indah dipandang tetapi juga harus mudah di pakai dan sesuai dengan kebutuhan.

seorang pendekor handal tidak begitu saja dapat dengan mudah mendekorasi suatu tempat menjadi terhias indah, enak di pandang, nyaman, aura dan nuansa aeranya jelas, berkesan sangat dalam, dan berbagai kelebihan hasil karya dekorasinya.

untuk melakukan pekerjaannya dengan baik tentunya dia harus memiliki kemampuan dasar misalnya memiliki : sense of art atau rasa seni (kemampuan imaginasi sesuatu menjadi indah) penguasaan akan ruang, penguasaan bahan/material, penguasaan tata letak, tata cahaya, lampu, panduan komposisi warna dan mengharmonisasikan seluruh material dekor, karena itu seorang pendekor biasanya memiliki masa penguasaan keahliannya dalam waktu yang tidak sebentar.

dalam sebuah karya dekorasi perkawaninan pada saat ini secara pengelompokan tema sudah sangat berkembang tergantung selera keinginan pengguna jasa dekorasi, secara umum terdapat beberapa tema yang sering dipakai pada saat ini antara lain:

  1. Tema Traditional (masih mengikuti pola adat istiadat daerah asal)
  2. Tema Kebun/Taman Bunga (Menggunakan tanaman dan bunga sebagai element utama, sering dipakai untuk pesta outdoor)
  3. Tema minimalis (Penggunaan element interior dan meubeler minimalis mendominasi gaya ini)
  4. Tema Eropa/Romawi (Mengambil bentuk dan gaya bangunan romawi dan istana-istana)
  5. Tema Islamik – Kubah (mengadopsi gaya masjid, bangunan timur tengah, mesir marooko dll)
  6. Tema Tradisionil Modifikasi (memadukan hiasan pola minimalis dengan barang tradisional)
  7. Tema Kampung (dinding rumah bamboo dan peralatan rumah kampung digunakan sebagai alat penghias dekorasi misalnya alat dapur, atap alang-alang, lampu minyak, kursi, bambu dll)
  8. Tema Draveri (Sebutan pada lipatan kain gorden) Pada tema ini penggunaan kain-kain tirai, gorden tenda-tenda di cover kain sangat mendominasi hiasan dekorasi)

Mendekorasi sebuah resepsi

perkawinan dibagi dalam beberapa area, antara lain:

  1. Area Meja Penerima Tamu : Terdapat meja atau mimbar / podium tempat buku tamu, kotak uang/angpao, tempat menyimpan cinderamata.
  2. Area Jalan Tamu Menuju Pelaminan : Terdapat variasi property seperti karpet sepanjang area ke pelaminan, standar bunga/bokor jalan, pergola, tenda lorong, foto-foto prewedding pengantin dll
  3. Area Pelaminan Terdapat : pelaminan layar belakang, kotak uang/angpao, karpet, hiasan bunga, taman area pelaminan, lampu sorot besar (lampu par), AC tambahan
  4. Area makan tamu / sajian makanan untuk kegunaan : Buffe Parasmanan, stall makanan, meja meja untuk piring kotor dll, Property tambahannya : pergola, standar bunga diatas meja, lampu-lampu penerang makanan, vas-vas penghias, bunga-bunga variasi dll.
  5. Area Panggung Hiburan.
  6. Area Kursi Tamu Perlengkapan atau property yang digunakan sangatlah beragam dan beraneka jenis pilihan modelnya sesuai dengan tema dan gaya dekorasi yang akan dipakai, dan tak jarang dilengkapi dekorasi tambahan diantaranya :
  • Area Tamu Datang / Droop Zone : Terdapat sebuah umbul-umbul, tenda, gapura masuk, dengan petunjuk arah menggunakan karpet (Karpet jalan)
  • Area Makan Pengantin : Lengkap dengan pergola atau joglo, meja pengantin, standar bunga, meja buffe pengantin.
  • Area Tanu VIP. Dengan meja-meja bulat dan kursi serta tambahan buffe pengantin.
  • Area Display Foto/Gallery foto dengan sebuah dinding display foto-foto berukuran kecil dan besar.
  • Gapura-gapura tambahan di dalam area gedung
  • Lampu-lampu jalan tinggi (umumnya dipakai jika acara berlangsung malam hari)
  • Dan tambahan lainnya disesuaikan keinginan sang pengantin.

Pembagian pekerjaan dekorasi umumnya telah terbagi dalam beberapa bidang garapan dengan melihat kebutuhan yang ada antara lain :

  • Dekorasi pelaminan (paket pelaminan, taman depan panggung pelaminan, layar belakang, kursi pengantin dan orang tua dan rangkaian bunga.
  • Dekorasi Area Catering tanpa pelaminan, tanpa meja tamu dan karpet jalan biasanya hanya sesuai kebutuhan catering yaitu pergola buffe, rangkaian bunga di atas meja buffe dan meja piring kotor di area makanan, stall makanan, meja makan pengantin, meja area vip.
  • Dekorasi paket gapura, meja tamu, karpet jalan, sampai pelaminan (tanpa area catering)
  • Dekorasi paket full yaitu seluruh point diatas.
  • Hanya menyewakan property saja.