9 Tips Pesta Pernikahan Dengan Budget Minim


Pesta pernikahan merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang, dengan berbagai harapan dan impian pesta pernikahan akan selalu di tunggu, Namun untuk memenuhi impian-impian tersebut kadang di batasi oleh keterbatasan dana, Lalu bagai mana kita mengatasi keterbatasan dana/budget minim dalam mengadakan pesta pernikahan, Berikut 9 tips pesta pernikahan dengan budget yang minim

1. Perhatikan budget yang anda dan pasangan miliki agar pernikahan tetap berkesan, meski dengan dana yang minim. Anda dan pasangan bisa tetap tampil sempurna di hari pernikahan nanti.

2. Tekankan dulu pada diri sendiri dan pasangan, bahwa pesta pernikahan bukan yang utama dari tujuan kalian. Yang terpenting adalah kehidupan setelah pesta pernikahan. Cobalah berpikir bahwa, setelah menyelenggarakan pesta pernikahan, masih ada hari esok untuk kehidupan anda berdua.

3. Setelah memiliki kesamaan visi, mulailah merancang anggaran dana pernikahan. yang akan menghabiskan dana banyak adalah catering. Jadi anda harus bisa memilah, karena biasanya catering berhubungan dengan jumlah undangan. Apabila anda menyebarkan 500 undangan, maka persiapkan untuk 1000 orang. Biasanya porsi ini terdiri dari 800 porsi buffe utama (nasi, nasi goreng, menu ayam, menu daging, menu ikan, sayur, salad, krupuk, puding, buah, sotfdrink, air putih) dan 10 food stalls @ 200 porsi. Sebaiknya menyiapkan makanan cadangan, karena makanan ini adalah kesan pertama yang akan dilihat oleh para tamu undangan.

4. Untuk menekan pengeluaran, cobalah gunakan sistem paket. Tidak ada salah anda menggunakan jasa catering yang memberikan pelayanan lain seperti dekorasi, make up dan dokumentasi. Dengan cara ini akan jauh mengurangi pengeluaran dibandingkan bila memilih satu persatu. Tapi semua itu tergantung pada ketersediaan dana, jadi anda bisa memilih vendor tertentu yang lebih murah dan berkualitas.

5. Saat membeli seragam panitia, seragam keluarga dan bahan untuk baju pengantin (akad or pemberkatan), sebaiknya dilakukan di bulan Maret – Juni. Karena berdasarkan survey, biasanya toko-toko kain menurunkan harga di bulan-bulan tersebut. Jangan pernah membeli bahan pada saat menjelang hari besar, karena harganya akan lebih tinggi.

6. Bahan baju pengantin biasanya menggunakan bahan perancis. Tapi kalau memang terlalu mahal, anda bisa memilih brokat yang halus dengan harga yang relatif murah. Tapi anda bisa juga memilih brokat Jepang dengan harga yang cukup murah. Agar busana untuk seragam keluarga dan pengantin terlihat sempurna, anda harus pintar memilih penjahit yang ahli memasang payet.

7. Untuk souvernir, anda bisa mencari di pasar-pasar tradisional yang memang harganya cukup variatif. Tapi jika memang anda ingin sedikit beda, kenapa tidak membuatnya sendiri.

8. Undangan bisa bertanya kepada teman, kerabat atau keluarga terdekat, di tempat mana yang murah. Memang harganya sangat bervariatif, tergantung bahan, model dan kertas yang anda pilih.

9. Yang penting, nikmati masa-masa persiapan ini dan perbanyaklah untuk mensurvei harga serta tempat. Jangan pernah minder bila tidak bisa merayakannya secara besar-besaran, karena yang terpenting adalah tujuan dari pernikahan itu sendiri.

(berbagai sumber)

Demikianlah 9 tips pesta pernikahan dengan budget yang minimal, semoga bisa jadi panduan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan anda, Selamat mencoba …

Jika anda ingin mengadakan pesta pernikahan dengan budget yang murah/ekonomis namun tetap elegan silahkan hubungi kami : DISINI

source: berbagai sumber