Kopi dan Strawberry Pertajam Daya Ingat


Jakarta – Sering lupa menaruh kunci, mengingat nama atau nomor telepon? Bisa jadi memori Anda sudah mulai melemah. Dengan makan sejumlah makanan tertentu secara teratur, daya ingat tetap bisa terjaga ketajamannya.

Memiliki kebiasaan sehat bisa menjadi investasi di masa depan. Salah satunya, menurunkan resiko terkena Alzheimer. Penyakit yang dapat melemahkan daya ingat secara drastis ini bisa membuat orang tidak mampu berbuat apa – apa.

Beberapa bahan makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin agar daya ingat tetap terjaga dengan baik.

Strawberry

Hampir semua jenis buah berry mengandung antioksidan tinggi. Buah ini memiliki kandungan fisetin yang disebut flavenoid, yang dapat meningkatkan memori. Selain itu buah blueberry juga mampu melindungi penurunan daya ingat karena faktor usia.

Kuning Telur
Merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan otak untuk mempertajam daya ingat. Nutrisi ini banyak ditemukan pada kuning telur. Sangat dianjurkan pada anak usia di bawah 7 tahun. Sebab, tahap ini merupakan awal perkembangan otak. Bagi sebagian orang dewasa kuning telur sering dihindari karena berkolesterol tinggi. Kolin juga berperan penting dalam pembentukan membran-membran sel di seluruh tubuh.

Kopi
Biji kopi kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan asam amino. Beberapa penelitian menunjukkan minum kopi secara teratur dapat mengurangi resiko demensia. Bahkan, penelitian di Korea Selatan menyatakan minum secangkir kopi secara rutin dapat memperlambat pertumbuhan tumor otak.

Ikan Salmon

Ikan jenis ini memiliki asam lemak omega-3 yang mengandung DHA tinggi, berfungsi mempertajam memori, memperbaiki suasana hati, mencegah depresi dan meningkatkan konsentrasi.

Kacang

Kacang banyak mengandung vitamin E, tidak hanya baik untuk kulit tapi juga untuk otak, yang dapat mencegah melemahnya memori akibat penuaan. Kacang mete kaya akan magnesium yang melancarkan aliran oksigen keotak, sehingga mampu meningkatkan memori.

(eka/Odi)