MEMBUAT PROPOSAL BISNIS UNTUK USAHA CATERING


Oleh: Ahmad Gozali

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Langsung saja ya, Pak. Begini. Saya ingin mendirikan usaha katering. Modalnya sudah ada, tapi saya tidak tahu bagaimana cara membuat proposal bisnis yang baik (kata teman saya, untuk berbisnis, saya harus membuat proposal bisnis).

Bisakah Bapak memandu saya tentang cara membuat proposal bisnis yang baik? Apa-apa saja yang harus dimuat dalam proposal tersebut?

Terima kasih ya, Pak.

Ai — padang

Jawaban:

Mbak Ai, senang sekali menerima e-mail dari Anda. Semoga sukses dengan usaha katering Anda.

Untuk mulai berbisnis, Anda perlu memiliki rencana bisnis, bukan proposal bisnis. Rencana bisnis adalah gambaran mengenai bisnis Anda sekarang dan rencana dalam kurun waktu tertentu, rencana bisnis ini digunakan oleh Anda sendiri sebagai panduan dalam menjalankan usaha. Dan bisa juga digunakan oleh orang lain untuk menilai usaha tersebut.

Rencana bisnis umumnya berisi mengenai gambaran secara menyeluruh mengenai bisnis Anda dan strategi bisnis yang Anda gunakan. Dimulai dari konsep usaha yaitu katering kue/makanan berdasarkan pesanan atau supply rutin ke kantin misalnya, kemudian aspek pasarnya dan pemasarannya, aspek keuangannya, aspek SDM, aspek legal, dan lainnya berkaitan dengan bisnis Anda. Ditambah lagi dengan rencana bisnis selama 3 tahun atau 5 tahun kedepan seperti apa.

Sedangkan proposal lebih ditujukan kepentingannya untuk orang lain. Proposal bukan cuma berisi rencana bisnis, tapi juga untuk kepentingan apa Anda sampaikan proposal tersebut kepada orang lain. Misalnya, Anda membuka usaha katering dan ingin mengajukan pinjaman kredit ke bank. Maka selain rencana bisnis, proposal itu juga harus memuat data yang berkaitan dengan kredit bank seperti berapa uang yang akan dipinjam, digunakan untuk apa, rencana pengembaliannya, dan sebagainya. Atau proposal tersebut digunakan untuk mencari tambahan modal dari investor, maka isinya adalah rencana bagi hasil, proporsi kepemilikan dan sebagainya.

Selamat berbisnis mbak Ai

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

About these ads